Jumat, 09 Desember 2016

simbol dayak lundayeh



              Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:Animalia
Filum:Chordata
Kelas:Sauropsida
Ordo:Crocodilia
Famili:Crocodylidae

Dayak lundayeh artinya "lun= orang-orang, dayeh= hulu. Jadi arti lundayeh adalah orang- orang yang dari pendalaman atau orang hulu. Dayak lundayeh banyak hidup  di kalimantan terutama kalimantan utara. Kabupaten malinau.

Di kalimantan memiliki macam-macam simbol  dayak. Dan Dayak lundayeh memiliki simbol sebagai sukunya adalah buaya. Mengapa dayak lundayeh harus memilih simbol dayaknya buaya. Karena buaya memiliki ciri yang tegas. Sehinga dayak mengambil buaya sebagi simbol mereka.

Pada umumnya buaya yang digunakan buaya sungai Tetapi karena perkembangan zaman dan juga buaya jadi  kepercayaan atau sbgi simbol dayak lundayeh. Dan sekarang dayak lundayeh menggunakan patung buanya  jika ada acara seperti upacara adat.

Dayak lundeyeh juga mengambil simbol mereka  buaya karena sifatnya  yang tegas yang dan kuat. Sehingga dayak lundeyah ingin mengikuti sifat kehebatan buayah itu sehingga mereka dapat membela rakyat mereka dalam pertempuran. Karena orang dulu mereka saling membunuh satu sma lain maka itu mereka memutuskan untuk kuat seperti buaya.tapi untuk zaman sekarang tidak ada pertarungan antar suku sehingga buaya ini sebgai upacara adat untuk melakukan kegiatan seperti nuwi ulung yang digunakan pada saan irau adau upacara adat lundayeh yang seluruh rakyat lundayeh menggikuti kegiatan tersebut mereka mendirikan tiang yang besar di sebelah buaya. Artinya  bahwa lundayeh sudah bebas dari pertaruhan atau pertempuran.

Demikian arti aimbol dayak lundayeh sehinga dapat  bermanfaat bagi pembaca.

Gambar & klasifikasi
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Buaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar