Minggu, 11 Desember 2016

penggunaan hewan pada saat acara atau tradisi



Klasifikasi Ilmiah Burung Enggang Gading
Kerajaan: Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Aves

Ordo : Coraciiformes

Famili : Bucerotidae

Genus : Buceros

Spesies : Buceros vigil Forster

Suku dayak lundayeh memiliki tradisi pengggunaan hewan dalam acara seperti acara pernikahan yang erat. dalam acara pernikahan ada yang namanya "madil suit menanggang" atau menembak berung enggang tradisi ini turun temurun sampai pada saat ini.

Pada zaman dulu madil menanggang itu dalam acara pernikahan jika pihak laki-laki ingin memasuki rumah pernikahan atau tenda. Jika pihak laki-laki dapat menembak burung enggang maka laki- laki itu dapat masuk dalam rumah nikah jika dari pihak laki-laki tidak dapat menembak burung enggang maka pihak laki-laki tidak dapat masuk ke dalam tenda.

Tapi untuk zaman sekarang tradisi itu dipakai tapi hanya menggikuti tradisi banyak yang diganti yang dulu tembak burung engggang di atas pohon sekarang di ganti dengan bambu. Tiap ada acara pernikahan pihak laki- laki menembak burung engggan dan burung enggang diganti dengan kertas atau kain yang diikat pada ujung atas bambu.
Dan untuk pihak laki-laki yang tidak dapat menembak burung enggang maka pihak laki dapat masuk ke dalam tenda tidak seperti kakek moyang dulu atau tidak terpengaru.
Jadi sekarang dayak ludayeh menggunakan kain atau bambu untuk diganti dengan burung enggang hanya saja namanya tidak berubah.

Terima kasih, sehingga dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat mengenal budaya-budaya pendalaman yang ada di kaliman yang ada di malinau.

https://id.wikipedia.org/wiki/Rangkong_gading

Tidak ada komentar:

Posting Komentar